Sabtu, 16 Maret 2019

ANAK LAKI-LAKI BANGSA MA'ANYAN ITU BERGELAR ANAK NANYU

Terlahir sebagai laki-laki bangsa Ma'anyan, secara sadar atau tidak sadar, ia memiliki tanggung jawab yang besar, baik kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa Ma'anyan itu sendiri. Oleh tanggung jawab yang besar itu lah, laki-laki Ma'anyan mendapatkan gelar kehormatan sejak ia lahir ke dunia, gelar kehormatan laki-laki bangsa Ma'anyan adalah sebagai ANAK NANYU. ANAK NANYU itu sendiri jika diartikan kedalam bahasa Indonesia yaitu, ANAK artinya anak dan NANYU artinya Halilintar, jadi ANAK NANYU berarti anak halilintar. tanggung jawab yang sangat berat itu harus lah seorang laki-laki bangsa Ma'anyan mampu menjalaninya, oleh karena itu laki-laki  bangsa Ma'anyan harus kuat, pemberani, dan gagah perkasa, sama seperti halilintar yang menyambar dan bergemuruh, yang membuat seantero jagad raya ini ketakutan. Sekali lagi, lahir sebagai laki-laki bangsa Ma'anyan ini bukan perkara mudah. Seperti tanuhui (Cerita) dibawah ini yang menggambarkan betapa beratnya tugas seorang anak laki-laki bangsa Ma'anyan.

Tanuhui :
"Sejak anak laki-laki bangsa Ma'anyan dikandung sang ibu, anak laki-laki itu sudah di tanya oleh sang pencipta,"Apakah kamu siap untuk hidup di dunia luar sana? Kalau kamu tidak siap maka kembalilah ke padaku, namun jika kamu siap, Aku berikan rejeki dan genggam lah erat di dalam genggaman tangan kiri dan kanan mu, jika kamu benar-benar sudah siap "TAMPAK HAUT WANAWANG IRU" atau dalam bahasa Indonesia, tendang lah pintu itu dengan seluruh kekuatan mu dan keluarlah. Dan ketika si anak NAMPAK atau menendang pintu itu dan keluarlah, ketika separuh matanya keluar, si anak pun terkejut ketika melihat bepata indahnya dunia yang sang pencipta katakan tadi, karena si anak terkejut  itulah menyebabkan kedua genggaman tangan nya terbuka, yang menyebabkan rejeki yang sudah sang pencipta berikan berterbangan ke seluruh dunia, si anak itupun menangis dengan sekeras-kerasnya, tangisan itu mengisyaratkan bahwa si anak itu sadar bahwa  tugasnya di dunia adalah mengumpulkan lagi rejekinya itu dengan bekerja keras, sampai terkumpul dan kembali lagi ke pada sang pencipta".

Dari tanuhui di atas itu lah menceritakan, beratnya beban terlahir sebagai seorang laki-laki bangsa Ma'anyan ini, tangisan pertama ketika si anak lahir itu lah yang menyebabkan hati sang Pencipta tersentuh, sang pencipta pun memberikan ruh suci untuk menjaganya dari marabahaya, dan dengan di berikannya ruh suci itu, maka si laki-laki bangsa Ma'anyan ini bisa memanggil ruh suci itu untuk meminjamkan kekuatan yang juga berasal dari sang pencipta.
tugas yang berat selanjutnya yaitu mengumpulkan rejeki nya yang sudah berterbangan ke seluruh dunia ketika genggamannya yangterbuka setelah kagum melihat indahnya ciptaan Tuhan, maka dari itu jangan heran jika laki-laki bangsa Ma'anyan ini adalah seorang laki-laki yang pekerja keras dan gigih. maka oleh pekerja keras dan gigih ini lah menjadikan seorang laki-laki Bangsa Ma'anyan itu mampu mengumpulkan rejeki yang sudah dititipkan oleh yang Kuasa dan laki-laki bangsa Ma'anyan ini banyak yang sukses dan kaya raya. maka oleh itu, pantang bagi seorang laki-laki Bangsa Ma'anyan untuk mejadi Pengemis. 
Tetapi, Walaupun beratnya tanggung jawab seorang laki-laki bangsa Ma'anyan ini, mereka adalah orang yang penyabar dan rendah hati, serta mereka ini sangat setia, dan sangat ideal sebagai suami, karena laki-laki bangsa Ma'anyan ini "MANUWU NELANG BA ALIMU", TAMPAN DAN SAKTI.

DITULIS OLEH : WAHYU HADRIANTO, S.TH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar