Sabtu, 24 Agustus 2019

ARTI SIMBOL W ADALAH WIRANG

Saya berkali-kali bertanya kepada seorang ibu di facebook dengan nama akun Pebruantine Antin, beliau yang memposting foto ini di Facebook tepat di group perkumpulan Dayak Ma'anyan, group Facebook tempat keturunan bangsa Ma'anyan saling bertemu dan saling menyapa satu dengan yang lain dengan spirit Nansarunai.

Ibu bisa menjelaskan kepada saya arti simbol W itu, karena jika saya mencoba membaca arti dari bahasa Belanda itu mengatakan bahwa simbol W itu adalah simbol yang tinggi, simbol yang niscaya adalah sebuah simbol yang sangat dihormati oleh bangsa Ma'anyan. Dengan rasa penasaran saya, opini yang saya bangun adalah rasa praduga bahwa mungkin, mungkin sebuah kebenaran bahwa simbol W itu bukan simbol yang biasa. Saya pun berdoa, seraya berharap, ketika saya mengajukan pertanyaan ini, beliau langsung membuka data dan mencari arti dari simbol W itu, agar dapat memberi penjelasan kepada saya, serta menjawab rasa penasaran saya.
Dari penjelasan beliau mengatakan bahwa arti dari simbol W berarti WIRANG, karena dimasa lampau ada WIRANG RAMA (Mungkin menurut hemat saya, WIRANG RAMA ini seperti sebuah perkumpulan dari masyarakat bangsa Ma'anyan di masa lalu), jika diartikan arti dari WIRANG RAMA itu berarti lumbung padi bersama, yang berati melambangkan kemakmuran bersama, senasib sepenanggungan bersama.
Berdasarkan penjelasan beliau ini ada kesesuaian dengan praduga saya sejak awal bahwa simbol W itu bukan simbol yang biasa. Namun sebuah simbol yang memiliki arti yang mendalam bagi bangsa Ma'anyan.

Walaupun sejarah tentang simbol W ini belum lah lengkap, namun bisa menjadi sebuah tesis pertama untuk membuka tabir sejarah ketahapan selanjutnya.

Semoga ada, dari kawan-kawan yang lain yang mau melakukan sebuah penelitian yang akurat lagi dari sejarah simbol W itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar